[BERITA UTAMA]$show=phone$hide=post$type=carousel$cols=4$count=8$cate=0$sn=0$au=0$cm=0

Alumni SMA Pelita Tiga Mengajukan Somasi Kepada Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Utara

SHARE:

  Sapanusantara.com - Shintia Gelly Rumumpe telah diterima sebagai Calon Bupati Minahasa Utara memiliki legalisir fotokopi ijazah dari Kepal...

 

Sapanusantara.com - Shintia Gelly Rumumpe telah diterima sebagai Calon Bupati Minahasa Utara memiliki legalisir fotokopi ijazah dari Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Utara mengalami rintangan yang panjang. Alumni dari SMA Pelita Tiga No.3 Jakarta Timur, Selasa 27/10/2020 mengajukan somasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Utara, Olfy Kalengkongan.

Yudhi Achmad Pamuji selaku kuasa hukum dari alumni SMA Pelita Tiga No. 3 Jakarta Timur menjabarkan bahwa surat somasi sudah diterima Olfy. Alumni dari SMA Pelita Tiga No.3 menyatakan SHintia tidak pernah terdaftar sebagai siswa dari SMA tersebut. Bahkan, angkatan 1999 tidak ada yang mengenal dengan Shintia.

Surat somasi sudah diterima Olfy hari Senin, 2 November 2020. Alumni dari SMA Pelita Tiga No.3 Jakarta Timur merasa keberatan dengan tindakan Olfy. Tindakan Olfy telah mencoreng nama baik sekolah, karena sebelumnya berkali-kali sekolah telah menyatakan bahwa Shintia tidak pernah terdaftar sebagai siswa dari SMA Pelita Tiga No.3 Jakarta Timur. Alumni angkatan 1999 seorangpun tidak ada yang pernah mengenal Shintia. Akibat tindakan Olfy ini, sekolah sebagai institusi pendidikan yang luhur dan agung malah terseret-seret ke urusan politik dan hukum.” Kata Yudhi

Olfy telah menafsirkan sepihak Permendikbud No.29 Tahun 2014. Verifikasi atas keabsahan ijazah mutlak perlu. Sebagai pejabat pemerintahan, Olfy terikat dengan UU No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Dalam Pasal 73 UU Administrasi Pemerintahan jelas tertulis legalisasi tidak dapat dilakukan jika terdapat keraguan terhadap keaslian isinya. Olfy tidak ragu melegalisasi fotokopi ijazah Shintia, artinya beliau tidak meragukan keaslian ijazah tersebut. Padahal diverifikasi saja tidak pernah.” imbuhnya.   

 Yudhi mengatakan somasi yang mereka lakukan selaku Alumni SMA Pelita Tiga No.3 berdasakan hukum dan kecintaan terhadap hukum penddikan. Tidak ada urusannya dengan politik yang berjalan. Dia juga mengatakan bahwa pelanggaran hukum ini emdapatkan sanksi administrative berat.

Somasi yang kami layangkan murni karena alasan hukum dan kecintaan kami terhadap mulianya dunia pendidikan. Tidak ada urusan dengan politik. Jika semua Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia bertindak seperti Olfy, Indonesia bisa menjadi surga ijazah yang tidak jelas keabsahannya. Olfy ini sudah melanggar asas kecermatan dan telah menyalahgunakan kewenangannya. Dalam Pasal 80 ayat (3) UU Administrasi Pemerintahan, pelanggarnya mendapat sanksi administratif berat. Selain juga ada sanksi pidana dalam Pasal 55 UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Pasal 69 ayat (1) UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Ujar Yudhi

Sebelumnya Kepala Seksi Pendidikan Menengah Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur, Agustina Purdjanti dalam keterangannya kepada wartawan (Rabu,21/10) menjelaskan bahwa ijazah dan nomor induk Shintia tidak pernah terdaftar. “Kami sudah memberi keterangan lengkap kepada KPU dan BAWASLU Minahasa Utara ketika mereka melakukan verifikasi. Jadi aneh juga jika Shintia tetap diloloskan.” Ucap Agustina.

Agustina menjelaskan berdasarkan Permendikbud Nomor 29 Tahun 2014, legalisir ijazah memang dibolehkan di Dinas Pendidikan domisili, namun dalam Ketentuan Umum Pasal 1 angka 1 dijelaskan bahwa wajib dilakukan verifikasi sesuai fakta terlebih dahulu. Dalam hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Utara tidak pernah melakukan verifikasi ke pihak kami ataupun ke sekolah.

Permendikbud Nomor 29 Tahun 2014 tersebut juga mengatur bahwa, jika sekolah masih aktif berdiri, legalisir harus dilakukan di sekolah yang bersangkutan, dalam hal ini SMA Pelita Tiga Nomor 3 Jakarta Timur. Beliau ini sedang menjalani periode keduanya sebagai Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara, dan saat ini berjuang menjadi Bupati, masa sekolah tidak bangga alumninya ada yang menjadi pejabat negara dan menolak melegalisir ijazahnya?” ujar Agustina.

Berdasarkan Pasal 7 ayat (2) huruf c UU No.10 Tahun 2016 seorang calon kepala daerah berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat. Jika Shintia tidak pernah menamatkan pendidikan SMA nya tentu lolosnya Shintia sebagai calon bupati menjadi cacat hukum dan pertanyaan besar.

Sementara itu, Kepala Disdik Minut Olfi Kalengkongan mengatakan, tindakan yang dia ambil berdasarkan Permendikbud RI nomor 29 tahun 2014 BAB 1 Ketentuan Umum Pasal 1 nomor 1.

“Dan atau dokumen aslinya. Jadi karena yang bersangkutan membawa asli ijazahnya maka Disdik melegalisir ijazah tersebut. Soal asli atau palsu itu bukan kewenangan Disdik menyatakan itu palsu. Karena kami hanya menyatakan kebenaran atau keabsahan fotocopi ijazah sesuai dokumen aslinya. Sesuai bunyi pasal 1 Permendikbud nomor 29 tahun 2014,” kata Olfi.

Olfi sendiri tidak membantah ada perubahan terhadap legalisir ijazah yang awalnya ditandatangani Sekretaris Disdik Minut, kemudian diubah lagi dan ditandatangani Kepala Disdik. “KPU yang meminta karena sesuai Permendikbud nomor 29 tahun 2014 pasal 2 ayat 5, pengesahan fotokopi ijazah paket dan surat keterangan pengganti ijazah paket yang dikeluarkan oleh Dinas Kabupaten yang membidangi pendidikan dilakukan oleh kepala dinas kabupaten yang membidangi pendidikan di kabupaten yang bersangkutan." Pungkasnya.

Baca Juga

COMMENTS

Nama

4 pilar,9,Abdul Kadir Karding,1,Agama Islam,26,Agung Burhanuddin,1,Ahmad Riza Patria,2,Ahmad Sahroni,1,Amerika Serikat,1,Andre Rosiade,1,Anies Baswedan,3,Aplikasi,4,Arteria Dahlan,1,ASN,1,Azis Syamsuddin,5,Baleg,2,Bambang Soesatyo,1,Bandara Soeta,1,Banjir,1,Barrack Obama,2,Berita,203,Berita Utama,78,Bisnis,1,BLT,1,BMKG,1,Bob Andika,1,Buah,1,Budaya Nusantara,1,Buku,1,BUMN,1,Cirebon,1,Dalam Negeri,160,Dana Bansos Tunai,1,Demokrat,1,DPR RI,22,Dwi Ulung,4,Edhy Prabowo,1,Ediyanto,1,Ekonomi,2,Fadli Zon,9,Formula 1,1,Franco Morbidelli,1,Game,2,Gerindra,2,Gubernur DKI Jakarta,2,Guru Honorer,1,Habib Rizieq Shihab,10,Hana Gayatri,1,Handphone,4,Hetifah Sjaifudian,1,Hiburan,9,Himmatul Aliyah,4,Hobi,3,Ida Fauziyah,1,Ikan hias,2,Illiza Sa’aduddin Djamal,1,Info Seminar,1,Internasional,1,Israel,1,Jaksa Agung,1,Jepang,2,Joko Widodo,5,Kesehatan,8,Keuangan,1,Kisah Inspiratif,9,KKP,1,Kofifah Indar Parawansa,1,Komisi V,5,Komisi VI,2,Komisi X,2,Kriminal,2,Library,1,Liga Inggris,1,Luar Negeri,14,Marwan Jafar,1,Mendikbud,3,Menko PMK,1,Menteri Keuangan,1,Mobil Listrik,1,Moeldoko,1,MotoGP,6,MPR RI,3,Muhadjir Effendy,1,Nadiem Anwar Makarin,2,Nikita Mirzani,1,Nissan,1,Novita Wijayanti,14,Olahraga,18,Otomotif,2,Palestina,1,Pam Swakarsa,2,Pandemi Covid 19,26,Pariwisata,2,Pemkot,1,Pemprov DKI,1,Pendidikan,1,Periwisata,1,PKS,1,Politik,116,Polri,1,PPP,1,PS5,1,Puan Maharani,1,Rachmat Gobel,1,Ragam,38,Rilis,1,Rizal Ramli,1,Romo Muhammad Syafi'i,1,Sandiaga Uno,2,Sastra,6,SBY,1,Sedekah,1,Selebritis,1,Sepakbola,5,Sri Mulyani,2,Sriwijaya Air SJ 182,2,Sufmi Dasco,1,Suryadi Jaya Purnama,1,Susilo Bambang Yudhoyono,1,Syarif Abdullah Al Kadrie,1,Teknologi,12,Terbaru,16,Travel,1,Tri Rismaharini,2,Twitter,1,UMKM,3,UU Cipta Kerja,1,Vaksin,2,Viral,4,WHO,1,
ltr
item
Sapa Nusantara: Alumni SMA Pelita Tiga Mengajukan Somasi Kepada Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Utara
Alumni SMA Pelita Tiga Mengajukan Somasi Kepada Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Utara
https://1.bp.blogspot.com/-6moudJkb7tI/X6NwwG4AXQI/AAAAAAAAAWs/ZcHwL8Lx1wkxo9uvOeKfhBtxPrbzXs2iQCLcBGAsYHQ/w400-h274/Shintia%2BRumumpe.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6moudJkb7tI/X6NwwG4AXQI/AAAAAAAAAWs/ZcHwL8Lx1wkxo9uvOeKfhBtxPrbzXs2iQCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h274/Shintia%2BRumumpe.jpg
Sapa Nusantara
https://www.sapanusantara.com/2020/11/shintia-lolos-menjadi-cabup-alumni-sma.html
https://www.sapanusantara.com/
https://www.sapanusantara.com/
https://www.sapanusantara.com/2020/11/shintia-lolos-menjadi-cabup-alumni-sma.html
true
6502024140971305139
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content