10 Masakan Nusantara Yang Wajib Kamu Coba, Pecinta Kuliner Wajib Masuk!!

Nusantara kita sangat dikenal dengan makanan yang rasanya sangat lezat dan menggugah selera. Hampir setiap daerah memiliki makanan spesial daerah dengan cita rasa yang khas. Uniknya, setiap daerah bisa memiliki lebih dari satu masakan Indonesia yang enak untuk Anda coba.

Maka tidak heran jika masakan Indonesia terkenal di dunia. Taukah kita? Hal ini tidak lepas dari bumbu yang digunakan dalam berbagai masakan Indonesia. Memang, wisata kuliner menjadi agenda wajib jika datang ke daerah tertentu.

Keunikan masakan yang ada di Nusantara adalah cita rasanya yang akan berbeda. Ada daerah yang suka pedas, tapi ada juga yang tidak suka. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh budaya dan kehidupan sosial masyarakat secara turun-temurun.

Jangan sampai penasaran, langsung saja kita simak 10 kuliner khas nusantara yang diambil dari berbagai sumber. Inilah aneka masakan Indonesia yang patut kalian coba !!

1. Rendang

Masakan dari kepulauan Sumatera Barat ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Steak daging sapi yang dimasak dengan santan dan bumbu selama berjam-jam ini memang sangat populer. Rasanya yang gurih dan juga nikmat membuat makanan khas daerah Sumatera Barat ini begitu digemari banyak orang.

2. Pempek

Makanan khas Sumatera Selatan ini terkenal dengan kelezatannya. Masakan nusantara ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu. Menampilkan kuah cuko atau cuka yang begitu menggiurkan sehingga disukai banyak orang.

3. Gudeg

Kuliner nusantara Jogja wajib dicoba. Gudeg adalah sayur nangka muda yang dimasak dengan santan tetapi melalui proses yang panjang. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi panas, santan kental (areh), ayam kampung, telur, dan sambal krecek.

Baca Juga  Inilah Masakan Khas Kalimantan, Sudah Tahu? Pecinta Kuliner Masuk !!

Masakan dari kepulauan Sumatera Barat ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Steak daging sapi yang dimasak dengan santan dan bumbu selama berjam-jam ini memang sangat populer. Rasanya yang gurih dan juga nikmat membuat makanan khas daerah Sumatera Barat ini begitu digemari banyak orang.

4. Rujak cingur

Masakan Indonesia dari Jawa Timur, atau rujak cingur yang sangat terkenal. Rujak terbuat dari campuran cingur (mulut sapi), sayur dan buah yang ditaburi bumbu petis.

5. Pecel Madiun

Masakan nusantara Jawa Timur ini terbuat dari berbagai jenis sayuran yang direbus dan dibumbui dengan bumbu kacang. Jenis sayuran yang dikandungnya antara lain kacang panjang, tauge, timun, dan daun singkong. Tak ketinggalan, salah satu pelengkap masakan Indonesia yang satu ini adalah rempeyeknya.

6. Soto Lamongan

Masakan nusantara ini tampilannya hampir sama dengan soto pada umumnya. Namun, ada bahan yang sangat khas dalam sup ini, yaitu koya. Koya adalah sejenis bubuk garam yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

7. Rawon

Rawon adalah masakan Indonesia yang paling terkenal di Jawa Timur. Makanan ini identik dengan kuah hitam. Warna hitam rawon tidak lain adalah bumbu khas atau kluwek. Rasa rawonnya sangat bersahabat bagi anda yang tidak suka pedas. Masakan ini semakin nikmat disantap dengan nasi putih, kerupuk, dan lauk pelengkap seperti telur asin.

8. Longong Kupang

Nah, masakan Jawa Timur selanjutnya adalah longong kupang. Lontong Kupang mudah ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini terbuat dari kerang putih yang merupakan sejenis hewan laut seperti krustasea. Kerang putih dimasak dengan berbagai bumbu yang sangat menggugah selera.

Baca Juga  Dibalik Khasnya Cita Rasa Kuliner Aceh, Ternyataaa .....

9. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah masakan Indonesia yang ber

10 Kuliner Nusantara
image source: freepik.com

asal dari Bali. Betutu sendiri merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh yang diisi bumbu, kemudian dipanggang di atas api kupas.

10. Kepiting soka

Kepiting soka merupakan makanan khas Kalimantan Utara. Semua bagian kepiting ini juga bisa dimakan dengan cangkangnya. Pasalnya, semua bagian tubuh kepiting lunak sangat lunak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *