Mau Olahraga Pagi, Harus sarapan dulu atau tidak sih?

Mau Olahraga Pagi, Harus sarapan dulu atau tidak sih?

Olahraga Pagi
image source: freepik.com

Sarapan pagi dan olahraga pagi merupakan aktivitas yang baik untuk menjaga kesehatan. Namun, kegiatan ini bisa menjadi dilema bagi orang yang memiliki program olahraga di pagi hari. Jadi mana yang lebih baik: sarapan sebelum atau sesudah berolahraga?

Manfaat berolahraga sebelum sarapan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan aman untuk dilakukan. Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2013 menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan dapat membakar lemak tubuh 20% lebih banyak.

Jika Anda ingin membakar lemak, tubuh Anda harus menggunakan cadangan makanan berupa lemak, bukan dari makanan yang Anda makan. Hal ini karena tubuh pada dasarnya menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak, meskipun Anda belum makan.

Saat Anda berolahraga sebelum sarapan, tubuh Anda masih kekurangan energi dari makanan. Semua energi yang Anda gunakan untuk berolahraga berasal dari lemak. Itu sebabnya berolahraga sebelum sarapan bisa membuat Anda membakar lebih banyak lemak.

Selain itu, para peneliti menjelaskan bahwa berolahraga di pagi hari sebelum sarapan tidak akan membuat Anda ingin makan lebih banyak atau kelaparan di siang hari. Hal ini justru akan membuat sesi latihan pagi lebih optimal.

Saat Anda berolahraga sebelum makan, terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Melakukan hal itu membantu tubuh Anda mengatur produksi hormon insulin.

Setelah Anda selesai berolahraga dan makan, hormon insulin akan bekerja lebih sensitif. Hormon ini juga membantu menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik dan mendistribusikannya ke otot dan hati.

Baca Juga  Mengenal Efek Samping Vaksin Booster, Takut?

Kinerja hormon pertumbuhan juga lebih baik bila Anda berolahraga sebelum sarapan. Hormon ini membantu membangun jaringan otot, membakar lemak, serta meningkatkan kesehatan tulang dan daya tahan fisik.

Tidak semua orang bisa berolahraga sebelum sarapan

Semakin sedikit kalori dalam sistem pencernaan, semakin banyak lemak yang dibakar saat berolahraga karena tubuh mengambil cadangan makanannya dari lemak. Itu sebabnya olahraga sebelum makan cocok untuk orang yang ingin membakar lebih banyak lemak.

Namun, jika Anda berlatih untuk meningkatkan kebugaran, kekuatan, dan kecepatan, berolahraga tanpa makanan justru akan membuatnya tidak efektif. Hal ini dikarenakan tubuh masih membutuhkan kalori dalam proses metabolismenya.

Olahraga sebelum makan juga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes karena sering mengalami gula darah rendah (hipoglikemia). Jika Anda menderita diabetes, Anda harus sarapan atau camilan kecil sebelum latihan.

Tips olahraga pagi yang aman sebelum sarapan

Baik olahraga maupun sarapan merupakan aktivitas yang dipengaruhi oleh kebiasaan, sehingga metodenya berbeda-beda pada setiap orang. Namun, jika Anda ingin mencoba berolahraga dengan perut kosong, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Siapkan dari malam sebelumnya
Bangun pagi dipengaruhi oleh jam biologis dan waktu tidur. Oleh karena itu, jika ingin berolahraga di pagi hari, tidurlah yang cukup di malam hari agar tubuh siap beraktivitas fisik di pagi hari.

2. Mainkan olahraga yang tepat
Mainkan dulu olahraga sesuai keinginan atau kebiasaan Anda. Jika Anda baru memulai rutinitas olahraga, cobalah olahraga ringan seperti jalan pagi atau jogging.

3. Kebutuhan air yang cukup
Minumlah setengah hingga satu liter air mineral atau minuman olahraga lainnya sebelum dan sesudah berolahraga. Disarankan agar Anda memenuhi kebutuhan cairan ini dua hingga tiga jam sebelum berolahraga.

Baca Juga  Cara Pengobatan Tradisional Nusantara Yang Perlu Kalian Ketahui !!

4. Istirahat saat lelah dan makan saat membutuhkan
Tidak semua orang bisa berolahraga sebelum sarapan. Jika Anda merasa lelah atau mulai merasa lapar, berhentilah berolahraga untuk mencegah hilangnya otot. Makan camilan sehat untuk memberi energi pada tubuh Anda.

5. Cukupi kebutuhan nutrisi setelah berolahraga
Terlepas dari apakah Anda sudah sarapan atau belum, Anda disarankan untuk kembali makan dalam waktu 45 menit setelah berolahraga. Namun, jangan hanya makan karbohidrat. Pilih makanan kaya protein untuk mengembalikan energi yang hilang.

Sarapan dan olahraga sama-sama berperan penting dalam kesehatan. Banyak ahli menyarankan untuk berolahraga sebelum sarapan. Namun hal ini tetap perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan setiap orang.

Berolahraga dengan perut kosong bisa efektif bagi orang yang ingin membakar lebih banyak lemak. Namun, bagi orang yang ingin membentuk otot atau menderita penyakit tertentu, sarapan sebelum berolahraga adalah pilihan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *