Belum Dikaruniai Anak? Bisa Jadi Karena Rokok, Kok Bisa??

BELUM DIKARUNIAI ANAK? BISA JADI KARENA ROKOK, KOK BISA??

Rokok mengandung ribuan bahan kimia yang menimbulkan segudang risiko kesehatan, termasuk kesuburan. Ya, jika nanti Anda ingin atau sedang ingin memiliki anak saat ini, sebaiknya mulai berhenti merokok dari sekarang. Pasalnya, bahaya merokok bagi kesuburan, baik pria maupun wanita, tidak main-main. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Bahaya merokok bagi kesuburan

vape
image source: hellosehat.com

Selain dihantui berbagai efek negatif rokok bagi kesehatan, perokok cenderung memiliki masalah kesuburan dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Jika Anda telah merokok selama bertahun-tahun atau memiliki kebiasaan merokok beberapa batang sehari, risiko Anda mengalami masalah kesuburan meningkat.

Pasalnya, saat Anda merokok, ada lebih dari 700 bahan kimia yang masuk ke tubuh Anda dan menyebar ke berbagai organ di tubuh Anda. Untuk lebih memahaminya, berikut ini penjelasan berbagai gangguan kesuburan pada pria dan wanita akibat merokok.

Berkurangnya kesuburan bagi wanita yang merokok

Beberapa bahaya merokok yang umum ditemukan untuk kesuburan wanita adalah:

  1. Masalah ovulasi,
  2. Masalah genetik,
  3. Gangguan pada organ reproduksi,
  4. Gangguan sel telur atau menopause dini, hingga
  5. Peningkatan risiko kanker dan gangguan janin atau keguguran
  6. Perokok yang sedang menjalani perawatan atau bantuan kesuburan juga berisiko membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

Ketika seorang wanita yang merokok menjadi hamil, dia memiliki risiko lebih tinggi mengalami keguguran. Selanjutnya, wanita yang merokok akan lebih cenderung mengalami gangguan kehamilan atau gangguan kesehatan pada anak, seperti:

  1. Kehamilan ektopik,
  2. Di mana bayi berkembang di luar rahim,
  3. Bayi berat lahir rendah,
  4. Anak yang lahir prematur,
  5. Anak yang lahir dengan cacat.
Baca Juga  2022 Lebih Sehat !! Ini Tips Untuk Kalian Yang Merasa Tidak Baik-Baik Saja!!

Berkurangnya kesuburan bagi pria yang merokok

Pria yang merokok berisiko mengalami penurunan kualitas sperma karena:

  1. Jumlah yang lebih rendah,
  2. Penurunan motilitas (kemampuan sperma untuk bergerak),
  3. Peningkatan jumlah spermatozoa berbentuk tidak normal, hingga
  4. Berkurangnya kemampuan sperma untuk membuahi sel telur.
  5. Klinik Cleveland mengatakan peningkatan peradangan sperma juga bisa terjadi.

Kondisi ini dapat melemahkan sperma dan membuat kehamilan lebih sulit dicapai. Menurut penelitian yang disebutkan di situs tersebut, merokok dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma.

Hal ini dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran.

Selain yang disebutkan di atas, bahaya merokok bagi kesuburan pria juga ditunjukkan dengan meningkatnya risiko disfungsi ereksi (impotensi). Pria yang merokok memiliki risiko dua kali lipat mengalami disfungsi ereksi dibandingkan mereka yang tidak merokok. Kondisi ini tentu bisa membuat Anda kesulitan untuk mencoba memiliki anak.

Asap rokok juga dapat dipengaruhi oleh masalah kesuburan Jika pasangan Anda seorang perokok, motivasi diri Anda untuk berhenti merokok. Menjadi perokok pasif sama saja dengan menghirup bahan kimia melalui asap rokok yang akan membahayakan kesuburan Anda. Bahkan, para ahli mengatakan bahaya perokok pasif sama dengan perokok aktif.

Paparan asap rokok selama beberapa hari dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kesuburan. Menjadi perokok pasif juga dikaitkan dengan penyebab sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) pada ibu hamil. Jika Anda sedang hamil, Anda dan pasangan perlu berhenti merokok untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

Bagaimana cara mengatasi bahaya merokok terhadap kesuburan?

Berhenti merokok merupakan keputusan yang tepat bagi Anda yang ingin mengurangi risiko terkena masalah kesuburan.

Berhenti dari kebiasaan buruk ini juga akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Semakin banyak Anda merokok, semakin buruk kualitas sperma Anda. Jadi, segera putuskan untuk berhenti merokok, bukan mengurangi jumlahnya. Para ahli telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada jumlah rokok yang aman untuk dihisap setiap hari. Bahkan, hanya dengan satu tongkat, Anda sudah bisa merasakan bahayanya.

Baca Juga  Mau Olahraga Pagi, Harus sarapan dulu atau tidak sih?

Dibutuhkan beberapa bulan untuk menghilangkan semua bahaya merokok dari sistem Anda, tetapi itu tidak berarti Anda tidak bisa. Setelah Anda bertekad untuk berhenti merokok, berikan waktu kepada tubuh Anda sebelum mencoba memiliki bayi lagi. Merokok adalah kebiasaan buruk yang sayangnya sulit dihentikan. Anda membutuhkan penyesuaian, penyelesaian, dan dukungan untuk menjadikannya tujuan.

Untuk menyukseskan niat Anda untuk berhenti, mintalah bantuan dokter atau orang terdekat untuk membantu Anda mewujudkan niat tersebut. Misalnya, Anda bisa minum obat untuk berhenti merokok. Terapi setelah berhenti merokok dan terapi penggantian nikotin juga bisa menjadi pilihan Anda. Selalu mencoba untuk mengingat alasan mengapa Anda harus berhenti merokok. Pasangan Anda dan orang-orang terdekat Anda pasti akan memberi Anda dukungan terbaik.

Yakinlah bahwa Anda akan dapat berhenti merokok dengan sukses dan dapat memiliki bayi yang cantik dan sehat di kemudian hari.

stop rokok
image source: freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *