Budaya Nusantara Yang Mendunia, Wajib Tahu !

Sapanusantara- Budaya adalah warna dalam sebuah negara. Ini menggambarkan karakteristik dan karakter yang bersinar di setiap budaya yang ditampilkan. Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara maritim, tetapi juga kaya akan budaya. Berbagai suku bangsa di dalamnya juga melahirkan adat dan budaya yang berbeda, sehingga menjadikan Indonesia semakin kaya akan keragaman.

Dengan keragaman budaya yang begitu menakjubkan, pemerintah dan pihak terkait secara aktif mengadakan berbagai kegiatan yang memperkenalkan budaya Indonesia. Dengan cara ini, dapat memperkenalkan budaya Indonesia ke berbagai negara dan dapat melestarikan karya leluhur. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan Anda pada budaya Indonesia yang disukai negara asing.

Pada dasarnya masih banyak warisan budaya Indonesia yang cukup terkenal di kancah internasional dan diakui oleh UNESCO. Mengutip dari situs resmi Lembaga Budaya.trisakti.ac.id, berikut ini adalah beberapa seni budaya Indonesia yang berhasil mencuri perhatian banyak pasang mata di dunia:

budaya indonesia
Candi Borobudur, merupakan budaya warisan nusantara yang mendunia

Budaya Indonesia yang Mendunia

1. Angklung dari bambu

Siapa yang tidak kenal dengan alat musik bambu ini? Hanya dengan melambai, alat musik Jawa Barat ini telah mendapat pengakuan UNESCO. Meski mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai bagian dari Warisan Dunia, tak heran jika popularitas angklung semakin menanjak. Sekarang angklung sering diadakan dan terkenal di Saung Angklung Ujo.

2. Seni Wayang

Warisan budaya wayang telah masuk dalam UNESCO sejak tahun 2003. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mencoba dan mempelajari seni wayang. Bentuk promosi pemerintah Indonesia di Negeri Kanguru juga mendapat sambutan dan apresiasi yang hangat dari mereka.

Baca Juga  Ini Tips Cara Memilih Mesin Coffee Maker dan Coffee Roaster, Jangan Keliru !!

3. Batik

Kain yang memiliki berbagai corak menawan dan menarik ini masuk dalam daftar UNESCO. Warisan leluhur sejak dahulu kala, namanya kini bermunculan. Kain ini sering menjadi oleh-oleh bagi turis asing, sehingga mereka sangat mengapresiasi setiap keindahan modelnya. Padahal, Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei.

4. Gamelan

Alat musik ansambel yang menghasilkan suara indah ini ternyata populer di luar nusantara, lho. Sayangnya, minat anak muda Indonesia memudar dengan alat musik ini. Misalnya, di New Zealand School of Music, gamelan bahkan digunakan sebagai kurikulum seumur hidup di sana. Di Amerika Serikat, serangkaian gamelan dipajang di salah satu ruang pameran museum musik.

5. Tari Saman

Tarian ini, yang ditandai dengan tepukan tangan dan gerakan lain yang dilakukan oleh banyak orang, diakui dalam daftar warisan budaya UNESCO. Biasanya tarian ini diadakan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat suatu daerah.

6. Keris

Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang telah didaftarkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2005. Keris adalah senjata tikam kelompok berupa keris yang merupakan salah satu budaya khas nusantara. Meskipun ada banyak sumber mengenai asal-usulnya, sebagian besar sejarah mengatakan bahwa keris berasal dari Jawa

7. Pencak silat,

Pencak silat yang dinaungi oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) merupakan seni bela diri khas Indonesia. Sejarah pencak silat Indonesia sudah ada sejak abad ke-7. Pencak silat berawal dari pengembangan keterampilan penduduk asli Indonesia dalam berburu dan berperang dengan menggunakan alat-alat perang seperti parang, tameng dan tombak.

8.Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah terkenal sejak dahulu, merupakan warisan budaya Buddha terbesar di pulau Jawa, Indonesia dan masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia.

Baca Juga  Sejarah Kopi Espresso, dan Beginilah Cara Membuatnya di Rumah Anda!!

Ini adalah beberapa warisan budaya Indonesia yang telah terjadi di seluruh dunia dan telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO. Begitu banyak warisan budaya berharga yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sebagai bagian dari warga negara Indonesia, kita wajib menjaga dan melindungi budaya tersebut agar tidak punah ditelan waktu. (msf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *